CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 06 Januari 2009

My Article




Alamku Sayang, Alamku Malang

Pernah dengar jika bumi kita dalam bahaya? pastinya kamu pernah mendengar adanya bencana banjir atau tanah longsor melanda daerah-daerah di Indonesia. Sebenarnya bencana itu bukan melanda Indonesia saja, namun juga seluruh negara di dunia juga pernah lho terkena bencana. Contohnya bencana banjir yang pernah melanda Jerman. Pasti di dalam hati semua orang bertanya-tanya
“ Kenapa semua itu terjadi ?”
Tentunya tiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Ada orang-orang tertentu yang menghubungkannya dengan hal-hal mstik. Ada juga lho yang menganggapnya cobaan dan ujian dari tuhan. Apapun jawabanya, tidak ada yang salah kok. Karena kepercayaan tidak bisa dipaksakan pada seseorang , betul nggak?
Walupun semua jawaban benar , mari kita cari jawaban yang logis . Kita lihat sekeliling kita , Ada kerusakan lingkungan apa gerana ? atau ada penyebabnya yang terjadi tidak ? itu dia jawabannya. kita lihat dari sekitar rumah. Wah, rupanya ada banyak sampah menumpuk. Sampah, walau kecil jangan dianggap enteng, Kalo sudah menumpuk banyak lho yang bisa menggangu lingkungan. Sampah yang menumpuk tentu menyebabkan bau yang dapat menimbulkan polusi udara. Selain itu sampah juga menjadi sumber penyakit. Tuh lihat ada lalat, nyamuk dan kecoak yang hidup dan tumbuh sehat di lingkungan kumuh. Sebaliknya kita yang sakit diare, malaria, demam berdarah, kaki gajah dan penyakit lainnya.
Mari, kita menjauh sedikit, kita jalan–jalan ke hutan (lihat gambarnya saja ya, sekalian imajinasikan sendiri). Tapi apa yang kita lihat ? tumbuhannya sedikit. Yah, memang banyak hutan yang telah dirusak. Siapa lagi kalau bukan manusia yang menggunduli hutan. Untuk apa ? Jawabnya : Jumlah manusia makin bertambah dari zaman purba hingga sekaran. Pastinya manusia butuh tempat tinggal. Karena itu dibutuhkan lahan yang luas. Manusia menebang hutan dech !. Supaya lahannya bisa dipakai. Tidak hanya itu, kayu , rotan itu bisa digunakan untuk membuat rumah dan keperluan manusia lainnya. Selain itu biasanya manusia membakar hutan untuk dijadikan lahan pertanian. Tau tidak kalau selain menimbulkan polusi , pembakaran hutan dapat mengurangi kwalitas tanah. Karna tanah juga memiliki unsur yang mudah terbakar, misalnya : Fosfor, sehingga tanah kekurangan unsur fosfor yang menyebabkan kwalitas tanah berkurang. Alamku Malang !
Untuk mencegah semua bencan supaya tidak melanda umat manusiasecara silih berganti, Mari ! Sisingkan lengan baju anda. Satukan tekad untuk merawat alam ! Hentikan membuang sampah di tempat sembarangan !
Lestarikan hutan, jangan kau tebang pepohonan yang tidak berdosa !
Mari kita rawat alam ini supaya terciptanya kemakmuran umat manusia !

0 komentar: